E-book dan Buku Organisasi dan Manajemen Usaha Koperasi di Indonesia

 

Judul    : Organisasi dan Manajemen Usaha Koperasi di Indonesia

Penulis : Drs. Pariata Westra S.H., S.E.

Penerbit : Balai Pembinaan Administrasi & Manajemen

Format : E-book dan Buku Cetak

01 - COVER LUAR & DALAM Buku ini telah lama dipersiapkan, namun kelengkapan penyusunannya tersendat-sendat karena berbagai faktor. Salah satu dari faktor tersebut yang negatif adalah karena banyaknya berita yang mengabarkan pelbagai kemunduran gerakan koperasi di Indonesia dan jatuhnya berbagai koperasi sebagai badan usaha yang mewadahi kehidupan sosial ekonomi rakyat kecil. Jatuhnya berbagai Badan Usaha Koperasi itu disebabkan oleh beragam faktor termasuk diantaranya penyelewengan-penyelewengan yang dilakukan oleh Pimpinan/Pengurus beberapa Koperasi dan juga ketidak seriusan para Anggotanya dalam bekerja sama berpartisipasi menopang kehidupan koperasi mereka, serta faktor-faktor lainnya. Untuk hal yang tersebut diatas, kalau kini Indonesia menyandang sebagai salah satu negara terkorup dan itupun sasarannya adalah Pejabat Negara, Birokrat dan Petinggi-petinggi lainnya, nyatanya awam yang terwakili oleh mereka yang menjadi Pimpinan/Pengurus Koperasi yang katanya adalah orang kecil serta Pengelola berbagai UKM (Usaha Kecil Menengah) juga melakukan korupsi dan white-crime lainnya, padahal “baju” mereka tidaklah putih (white) dan juga tidak “berdasi”. Jadi benar sinyalemen Bung Hatta, Bapak Koperasi kita bahwa korupsi telah membudaya di Negeri ini.

Hal-hal terurai diataslah yang menyebabkan Penulis menjadi urung-hasrat untuk menulis buku tentang kehidupan berkoperasi karena terbetik dalam pikiran apa gunanya menulis sebuah buku yang dapat tersiar luas yang kira-kira tidak ada gunanya, ibaratkan memberi makan mutiara kepada seekor babi. Kendala akademis berikutnya yang menyebabkan terhalangnya hasrat menulis buku ini tetapi sekaligus berperan positif adalah karena penulis tidak menemukan suatu buku yang memuat materi lengkap tentang kehidupan berkoperasi yang sekiranya dapat dipergunakan menjadi pegangan bagi siapapun yang berhasrat kuat dan berniat baik untuk memasuki kehidupan ajang berkoperasi ini sebagai salah satu soko-guru perekonomian Indonesia. Buku ataupun tulisan yang disusun oleh berbagai penulis tentang bangun Badan Usaha Koperasi ini memang ada tersebar namun coraknya parsial dan sepotong-sepotong atau berupa kumpulan sambutan-sambutan dari berabagai pertemuan yang kemudian dibukukan. Corak buku dan atau berbagai tulisan semacam itu tidaklah bulat, lengkap, dan komprehensif. Kondisi seperti itu menyebabkan Penulis kembali tergugah untuk menyusun buku ini yang memuat sejak konsep Koperasi (keberadaan asal usulnya), awal mula perkembangannya di Indonesia hingga kini, kemudian mengarah kepada keorganisasian Badan Usaha tersebut dan mengfokus menuju ke hal-ikhwal pengelolaannya atau yang dikenal dengan istilah manajemen dalam bahasa akademisnya. Ahirnya dengan bersusah payah buku ini sebagai semacam texs-book dapat diterbitkan tepat pada Hari Koperasi di tahun 2010.

Penulis harus menyatakan terima kasih kepada pihak-pihak terutama kepada mereka yang telah banyak memberikan sumbangan pemikiran maupun lembar-lembar tulisan (makalah) yang dapat penulis jadikan semacam kelengkapan bahan bagi penyusunan buku ini yang tidak dapat penulis sebutkan satu-persatu. Terima kasih juga disampaikan kepada pengelola UPT Perpustakaan Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik dan Fakultas Ilmu Ekonomi dan Bisnis Universitas Gajdah Mada, yang telah secara tulus menyediakan (suplay) berbagai literatur yang memuat materi kehidupan berkoperasi.

 

Untuk membeli E-book atau Buku  Organisasi dan Manajemen Usaha Koperasi di Indonesia ini, Silahkan Hubungi: 0857 2933 0421 (komang)

Technorati Tags: ,,,
Pos ini dipublikasikan di Manajemen. Tandai permalink.

Tinggalkan komentar